Kamis, 25 April 2013

Cara Mencari Informasi Menggunakan Google.com


cara mencari informasi di internet menggunakan google.com. Ketepatan akan informasi yang diperoleh melalui search engine sangat tergantung pada keyword yang digunakan. Misalnya mencari informasi tentang teknologi internet, akan memberikan hasil yang berbeda jika anda menggunakan keyword "teknologi internet"  dengan keyword teknologi internet (tanpa tanda kutip").
1.  Menggunakan tanda kutip dua (" ")
google akan mecari seluruh halaman seluruh halaman yang telah diindeksnya terhadap kata-kata yang sama persis anda tulis dalam tanda kutip dua. Misalnya andamengetikkan keyword "teknologi internet", google hanya akan menampil hasil terhadap website yang mengandung kata teknologi internet saja. Jika ada website yang mengandung kata teknologi saja atau kata internet saja, maka tidak akan dicantum sebagai hasil pencarian. Lihat contoh gambar di bawah ini.
http://4.bp.blogspot.com/-gJwdg7BYHnk/UI04eEaAduI/AAAAAAAAADI/pF6movUoTnE/s400/Mencari+berdasarkan+tanda+kutip.png
2   Menggunakan symbol + dan - Keyword yang didahului oleh tanda + menandakan keyword tersebut wajib ada pada halaman hasil pencarian, sedangkan tanda - menandakan pengecualian. Misalnya anda ingin mencari informasi tentang teknologi namun bukan teknologi internet, maka gunakan keyword +teknologi -internet.
Lihat contoh gambar di bawah ini
http://2.bp.blogspot.com/-QCsUUWcRwZA/UI05nmI9ayI/AAAAAAAAADQ/FjyICUKm6GM/s400/Berdasarkan+tanda+plus+dan+minus.png

3.   Mencari pada website tertentu saja, gunakan keyword site.
Misalnya saya ingin mencari informasi tentang teknologi internet hanya di website www.ephi.web.id, maka saya akan lakukan dengan cara: teknologi internet site:www.ephi.web.id
http://3.bp.blogspot.com/-62zMyIyenbo/UI07A0SrTDI/AAAAAAAAADY/5zk0Hmr-RdM/s400/Mencari+berdasarkan+tertentu+saja.png
4   Mencari informasi dalam format file, pdf, xis, ppt, doc, gunakan keyword filetype.
Misalnya saya ingin mencari artikel tentang teknologi internet dalam format dokumen, maka saya gunakan keyword: teknologi internet filetype:doc
http://3.bp.blogspot.com/-YS1NLV5GIVA/UI0-KtU369I/AAAAAAAAADo/VSrD-Fz4EqE/s400/Berdasarkan+keyword+file+type.png
5.   Mencari definisi suatu istilah, gunakan keyword: define
Misalnya saya ingin mengetahui definisi internet, gunakan keyword, define internet.
http://2.bp.blogspot.com/-DVxDnFzdUvw/UI1CnaJw8dI/AAAAAAAAAD4/bWTYl58Svu0/s400/Berdasarkan+keyword+define.png
6.   Mencari gambar, gunakan keyword: pict atau picture.
Misalkan saya ingin mencari gambar Gus Dur (alm), keywordnya: gus dur picture
http://3.bp.blogspot.com/-3mEuEziUZtE/UI1ECZyDYOI/AAAAAAAAAEA/HsEUQ9T4T9o/s400/Berdasarkan+keyword+pictures.png

Cara Efektif Menggunakan Search Engine

Menggunakan mesin pencari (search engine) merupakan cara yang biasa ditempuh oleh para netters untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkannya di belantara world wide web (www). Namun demikian, tidak jarang penggunaan mesin pencari memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan query dengan cara yang kurang tepat. Tips-tips berikut diharapkan dapat menuntun anda menggunakan mesin pencari secara efektif untuk menemukan informasi yang anda butuhkan:
1.       Gunakan mesin pencari yang tepat.
Ditengarai sebagian mesin pencari saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs mesin pencari yang kolaps, lantas tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Yahoo dan Google merupakan pilihan yang paling terpercaya.
2.       Jangan gunakan keyword yang terlalu umum.
Bayangkan, seberapa banyak hasil pencarian yang anda peroleh apabila anda hanya memasukkan kata kunci telescope dalam mesin pencari. Jelas berbeda dengan apabila anda menggunakan kata kunci berupa teleskop dari jenis ataupun merk tertentu.
3.       Masukkan keyword secara singkat namun jelas.
Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga malahan mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci Short biography of astronomer Edwin Hubble akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Hubble biography. Juga perhatikan ejaan dari kata kunci yang anda masukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat membawa anda untuk memperoleh hasil yang jauh dari harapan.

4. Gunakan operator Boolean.
Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Keyword Hubble AND biography NOT telescope akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Edwin Hubble dan menghindari masuknya halaman tentang teleskop antariksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian anda.
5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh.
Beberapa mesin pencari mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci Hubble Space Telescope dengan “Hubble Space Telescope” akan memberikan keluaran yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip biasanya akan memberikan hasil yang lebih akurat. Penggunaan tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, misalnya “Hubble Space Telescope” AND launch.
6. Manfaatkan Direktori.
Beberapa mesin pencari menyediakan fasilitas direktori yang akan membawa anda ke topik-topik tertentu yang sudah diklasifikasikan sedemikian rupa untuk memudahkan proses pencarian. Mesin pencari yang menggunakan direktori antara lain adalah Yahoo, Lycos, dan Altavista. Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan Indonesia, disarankan untuk menggunakan direktori lokal Indonesia, misalnya Catcha, SearchIndonesia, Naver, atau Incari.
7. Manfaatkan fitur khusus dari mesin pencari.
Beberapa mesin pencari tidak saja menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Sementara itu, mesin pencari semacam MetaCrawler mengirimkan perintah pencarian ke beberapa mesin pencari sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada mesin pencari favorit anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.
8. Gunakan fungsi “Find” pada browser.
Ketika mesin pencari mengantarkan anda pada halaman tertentu, anda belum tentu langsung menemukan apa yang anda cari disana. Anggaplah upaya pencarian biografi Edwin Hubble yang anda lakukan membawa anda ke halaman Apa dan Siapa di bagian astronomi pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi “Find” [Ctrl-F] pada browser anda dan ketikkan Hubble. Nah, kini anda bisa membaca artikel tentang Edwin Hubble yang anda cari-cari itu.

MELAKUKAN PENELUSURAN DI INTERNET

  1. Pengertian Search Engine

  
Web search engine merupakan progam komputer yang   dirancang untuk mencari informasi yangtersedia didalam dunia maya,   web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara  otomatis.
    
  2. Cara Kerja Search Engine

 
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyinpan hampir semua informasi halaman web, yangdiambil langsung dari www. Halaman – halaman ini diambil secara otomatis. Isi setiap halamanlalu dianalisis untuk menetukan cara menindeksnya (misalnya, kata – kata diambil dari judul,subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tenteng halaman web disimpan dalamsebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesinpencari, seperti google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache)maupun informasi tenteng halaman web itu sendiri.
   
3. Macam – macam Mesin Pencari

  Berikut ini adalah beberapa mesin pencari yang terkenal dan banyak digunakan.
   
      A. Google (www.google.com)
          Google merupakan mesin pencari yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pencarian
          dengan super cepat. Google mempunyai algoritma pencarian yang sangat efisien yang
          digunakan dalam sebuah jaringan komputer mesin pencari.
     B. Altavista (www.altavista.com)
         Altavista didirikan oleh Digital Corp. Altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih
         (advanced search) dengan menggunakan operator Boolean AND,OR,(),NOT,NOR,”,dan* .
     C. Yahoo (www.yahoo.com)
         Yahoo merupakan mesin pencari yang menggunakan indeks direktori. Direktori merupakan
         daftar link yang disusun menurut kelompok tertentu. Kelebihan yahoo yaitu mempunyai
         database yang besar dan membagi database dengan google.
     D. Lycos (www.lycos.com)
          Lycos dibuat pada tahun 1994 di Carnegie Mellon University. Lycos mempunyai kelebihan yaitu 
          mudah digunakan dan mudah menemukan web site yang terdapat di tripod.com.
     E.  Amazon (www.amazone.com)
     F.  Netscape (www.netscape.com)
     G. About (www.about.com)
     H. Microsoft network (www.msn.com)
     I.   Teoma (www.teoma.com) 


B.  PENCARIAN MELALUI GOOGLE

Google merupakan sebuah situs web yang memiliki fasilitas mesin pencari. Kita bisa masuk ke webgoogle dengan mengetik pada Address Bar 
http://www.google.com  atau google.com untuk seluruhdunia atau google.co.id untuk lokal Indonesia, lalu enter atau klik tombo go.
    1. Ketikan kata yang dicari pada kolom search. (misal smau bppt)
    2. Klik telusuri dengan google atau tekan enter
    3. Komputer akan mencari hal dituliskan din kotak search engine
    4. Hasil pencarian akan terlihat di monitor komputer anda masing – masing
    5. Beberapa web artikel yang berhubungan dengan smau bppt akan ditampilkan
    6. untuk membuka webnya, klik pada link materi sesuai yang kita cari, yaitu SMA U BPPT.
    7. Apabila web yang akan kita buka ternyata tidak sesuai dengan yang kita harapkan, maka
        kita kembali ke halaman sebelumnya, yaitu daftar web yang ditemukan mesin pencari.
    8. Untuk kembali ke halaman sebelumnya, gunakan tombol back.
    9. Ulangi lagi untuk membuka web lain yang terdapat pada halaman hasil pencarian.
 C.  MENYIMPAN FILE HALAMAN WEB

Halaman web dalam Internet Explorer dapat disimpan ke dalam file di komputer kita. Ini kita lakukanagar dapat membuka kembali halaman web tersebut tanpa kita harus koneksi ke internet (work offline). Sebelum kita mulai menyimpan, bukalah beberapa halaman dari web yang kita akses,setelah itu baru kita lakukan penyimpanan.
Halaman web yang kita simpan bisa sama persis seperti pada waktu kita buka di internet, denganmemilih save as type web page complete. Langkah – langkah penyimpanan file halaman web adalahsebagai berikut.
     1. Bukalah sebuah situs (web) setelah terbuka penuh, kemudian disimpan.
     2. Klik menu file, lalu pilih save as…
     3.Tentukan lokasi penyimpanan dalam save in (misal di folder My Documents)
     4. Pada kotak file name ketik nama file (misal makalah)
     5. Klik Save.
D.  DOWNLOAD

Download adalah proses pengambilan informasi berupa file, data atau progam yang disediakan olehsebuah situs web.
Tipe file hasil download biasanya ekstensi PDF (dari aplikasi acrobat reader), PPT (dari aplikasipower point), DOC (dari aplikasi MS – Word), HTM atau HTML ekstensi dari file HTML. Ada pula file – file hasil download berupa gambar yang berformat data JPG, JPEG, TIFF, GIF, dan lain-lain.
          Cara download adalah sebagai berikut :
     1. Perhatikan terlebih dahulu link atau icon dalam halaman web yang menunjukan bahwa itu akan
         mengarah pada kandungan file baik itu data maupun progam.
     2. Klik link atau icon tersebut.
     3. Selanjutnya akan muncul kotak dialog File download.
     4. Perhatikan nama file yang akan didownload, juga perhatikan pula nama filenya.
     5. Klik tombol Save untuk memulai download.
     6. Kotak dialog Save as akan muncul, tentukan tempat penyimpanan (misal di folder hasil 
         download).
     7. Ketik nama file yang diinginkan.
     8. Lalu  klik Save, hingga ditampilkan hasil download komplit.  

E.  MENCETAK HASIL BROWSING / SEARCHING

      1. Kita dapat mencetak halaman web dengan cara berikut ini.
      2. Buka web yang kita cetak.
      3. Ke menu file pada menu bar kemudian klik print.
      4. Kita dapat mencetak halaman web dengan cara berikut :
  A. Setelah itu akan tampil kotak dialog Print.
  B. Anda dapat memilih jenis printer yang akan digunakan serta jumlah dan halaman yang akan
      diprint pada select printer.
  C. Tentukan halaman yang di cetak.
  Tentukan jumlah rangkap percetakan. Kemudian klik button print pada bagian bawah kotak   dialog untuk mencetak file. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar